Hari Ini, RDDB Gelar Donor Darah di PMI

Meriahkan HUT ke-4 Sekaligus HUT ke-77 RI, Panitia Siapkan Bingkisan Menarik


06 Agu 2022, 07:41:08 WIB

Hari Ini, RDDB Gelar Donor Darah di PMI

SEMANGAT SOSIAL: Komunitas RDDB sukses melaksanakan donor darah saat HUT ke-3 yang dihadiri Wali Kota Rahmad Mas’ud di PMI tahun lalu dan Sabtu (6/8) hari ini, kembali menggelar kegiatan sosial serupa dalam rangka HUT ke – 4


BALIKPAPAN- Dalam rangka memeriahkan hari jadinya yang memasuki tahun keempat, Relawan Donor Darah Balikpapan (RDDB) kembali menggelar aksi sosial donor darah masal yang dilaksanakan di Markas Cabang PMI Kota Balikpapan, Sabtu (6/8) hari ini. Setelah beberapa waktu lalu sukses menggelar aksi serupa di Aula Kecamatan Balikpapan Barat dalam rangka HUT Kota Balikpapan.

Masyarakat yang sudah waktunya donor, dipersi­lakan untuk datang ke Unit Donor Darah (UDD) PMI yang berada di kawasan Jl Jen­deral Sudirman, Klandasan. Ketua RDDB, Rudiansyah JA mengatakan kegiatan dimu­lai pukul 09.00 Wita, namun seiring pelaksanaan donor darah pada pukul 10.00 Wita disertai dengan seremoni pembukaan dan syukuran. Sekaligus memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

“Masyarakat yang sudah lama belum donor atau sudah waktunya untuk donor kem­bali, silahkan datang ke PMI. Terbuka untuk umum, dimulai jam 9 pagi dan kami perkirakan selesai jam 12 siang,” ujar Rudi­ansyah didampingi Sekretaris Pelaksana Rizsa Sri Yati dan Bendahara Novita N Gabriel.

Rudi-akrabnya disapa men­gatakan, kali ini memang dise­lenggearakan secara sederhana, namun tetap khitmad untuk membantu PMI sebagai mitra dan masyarakat atau keluarga pasien yang membutuhkan da­rah. “Tahun ini kita tidak melak­sanakan di Mal atau tempat lain, tetapi di PMI dengan tetap membawa misi yang sama, membantu PMI menambah stok darah,” terangnya.

Nantinya akan ada syu­kuran sederhana berupa pemotongan tumpeng se­cara simbolis dengan men­gundang Ketua PMI Balik­papan drg Hj Dyah Muryani beserta jajarannya hingga Wali Kota Balikpapan H Rah­mad Mas’ud. Harapannya, kegiatan rutin ini semakin memotivasi agar jiwa sosial masyarakat tumbuh dan se­makin terbiasa dengan do­nor darah secara sukarela. Sekaligus menghilangkan paradigma negatif terhadap donor darah yang selama ini banyak berkembang.

“Mudahan Pak Wali Kota bisa hadir, ini menjadi upaya RDDB dalam menyosialisa­sikan kepada masyarakat agar bagi yang belum pernah donor bisa berani, bisa rutin serta memahami pentingnya donor darah. Karena donor darah itu menyehatkan dan sangat membantu pasien yang memerlukan transfusi,” beber pria yang aktif sebagai Tenaga Sukarela (TSR) PMI Balikpapan ini.

Pihaknya bersyukur, infor­masi dari PMI jumlah stok darah cukup stabil saat ini. “Tapi karena kebutuhan da­rah ini terus berjalan, me­mang kadang stok cukul tapi sering juga di saat tertentu stok darah tertentu kosong. Jadi donor darah rutin sangat diperlukan, jadi ayo sama-sa­ma kita ramaikan donor da­rah ini. InsyaAllah ada bing­kisan tambahan dari RDDB bagi masyarakat yang berha­sil mendonorkan darahnya,” pungkas Rudiansyah.

Kegiatan ini selain swadaya anggota RDDB juga didukung oleh PMI Kota Balikpapan, PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, PT Kutai Refinery Nusantara (KRN/Apical Group), PT Kilang Pertamina Internasional, PDAM Kota Balikpapan, Aso­siasi Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (APJSI) DPD Kaltim dan lainnya. (***/die/han)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di