Hari Ini, Kelurahan Sumber Rejo Gunakan Aplikasi Layanan Online




30 Jun 2020, 08:49:32 WIB

Hari Ini, Kelurahan Sumber Rejo Gunakan Aplikasi Layanan Online

PROSES BIMBINGAN :Jajaran Kelurahan Sumber Rejo mengajarkan setiap RT untuk mendaftar pelayanan kelurahan melalui online.


Balpos.com, BALIKPAPAN - Beberapa hari lalu, Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah (Balteng) mengadakan rapat koordinasi dengan RT untuk membahas penggunaan aplikasi pelayanan kelurahan online. Dalam aplikasi itu, warga maupun ketua RT tidak harus membawa berkas ke kelurahan, tetapi bisa dikirim melalui layanan online, sehingga setelah kelurahan selesai memproses, barulah kelurahan informasi ke warga untuk melakukan pengambilan dengan membawa berkas fisik.

"Jadi warga yang datang tidak harus berlama-lama di kelurahan, tetapi hanya menyerahkan berkas fisik dan mengambil berkas yang selesai," kata Lurah Sumber Rejo Umar Adi.

Sebelum menggunakan layanan online, kelurahan menggunakan aplikasi WhatsApp (WA). Karena respons baik dari pemerintah kota, akhirnya diakomodir oleh pemerintah kota melalui bagian organisasi dan didukung penuh oleh diskominfo, dan hanya ada tujuh kelurahan di Balikpapan yang uji coba, salah satunya Sumber Rejo. Maka itu pihaknya melakukan sosialisasi atau pelatihan kepada seluruh RT.

Dan untuk di wilayah Balteng sendiri, hanya Kelurahan Sumber Rejo yang mengikuti uji coba. Dan terhitung mulai Senin (29/6) hari ini, layanan ini sudah digunakan sambil evaluasi.

"Untuk pengguna ini tidak hanya RT, tetapi semua warga. Maka itu kami buatkan tutorialnya, sehingga pak RT bisa menyampaikannya di grup warga RT masing-masing dan kalaupun ada kesulitan, kami akan bimbing melalui WA atau telepon," ucap Umar.

Tidak hanya itu, untuk mempermudah pelayanan, pihaknya sudah membuat akun sesuai urutan RT yang ada, jadi kalau di sini ada 57 RT maka setiap RT sudah ada akun email sesuai urutan RT. Hal ini dilakukan, karena memang masih ada sebagian RT yang tidak terlalu paham untuk membuat email, sehingga dengan email yang dibuatkan ini RT maupun warga bisa menggunakan layanan online.

"Jadi warga bisa berurusan di rumah saja, karena tinggal foto berkas lalu dikirim. Setelah proses selesai barulah warga ambil di kelurahan," imbuhnya.

Bahkan kelurahan sudah memutuskan, untuk pengantar RT diperkenankan untuk difoto dulu, hal ini agar warga tidak lagi bolak-balik ke kelurahan. Apalagi rencana kedepannya, warga tidak perlu lagi ke pelayanan untuk urusan tertentu, maka cukup di meja kerja operator yang disediakan di teras depan sembari melakukan pengecekan suhu tubuh.


Lebih jauh, Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik Sumber Rejo Dina Evi Septiana menambahkan, untuk pengiriman berkas persyaratan, warga bisa kirim sesuai layanan pengurusan. Dan untuk pengurusannya warga bisa masuk ke google melalui email masing-masing, baik email RT maupun pribadi. Ketika berkas sudah diterima, kelurahan akan cek kelengkapan berkasnya.

"Kalau berkas sesuai nanti kita proses, namun kalau berkas tidak lengkap, kami menolak dengan memberikan keterangan berkas yang perlu dilengkapi," terangnya.

Sedangkan keluhan ketua RT memang masih ada, apalagi ini baru dilakukan sosialisasi dan uji coba, maka itu masih perlu adanya bimbingan. (may/san)




Moderated by Admin1


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Kurs Valuta

UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40