Graha Indah Tertinggi Kasus Positif Covid-19

Mobilitas Warga yang Masih Tinggi


29 Jan 2021, 10:06:01 WIB

Graha Indah Tertinggi Kasus Positif Covid-19

TERTINGGI : Guna mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19, Puskesmas Graha Indah lakukan pelacakan warga yang kontak erat.


BALIKPAPAN – Kecamatan Balikpapan Utara masih berada di posisi tertinggi kasus positif Covid-19. Menurut data dari Satgas Covid-19 Balikpapan, Kelurahan Graha Indah yang paling mendominasi kasus positif, tercatat pada Selasa (26/1) terdapat 94 kasus.

Hal ini dikatakan langsung oleh dr Christiana Dessy Nugraheni Kepala Puskesmas Graha Indah bahwa di wilayah ini tercatat paling banyak menyumbang kasus.

"Jumlah penduduk yang padat dan mobilitas warga yang cukup tinggi menjadi salah satu penyebab penyebaran kasus Covid-19," terang dr Dessy akrab disapa.

Dessy juga mengatakan kemungkinan kasus ini bertambah karena masyarakat yang tidak disiplin.

“Penyebabnya juga karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya saat ditemui di Puskesmas Graha Indah, kemarin.

Dalam menghentikan penyebaran Covid-19, pihak puskesmas telah melakukan tracing atau pelacakan kepada warga yang melakukan kontak erat dengan warga yang positif, dan  diketahui terdapat klaster perusahaan juga klaster keluarga.

"Bagi warga yang melapor terkait gejala Covid-19 disarankan untuk segera isolasi mandiri dan tenaga medis akan memantau melalui video-call," harap dr Dessy.

Pihak puskesmas juga bekerja sama dengan kelurahan dan kecamatan untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan monitoring ke sejumlah tempat makan dan mengimbau untuk memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Hal tersebut juga sama dilakukan oleh Dr Dessy beserta tenaga medis lainnya yang ikut memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Sebagai tenaga medis juga selalu mengimbau kepada masyarakat khususnya pengunjung puskesmas untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar Dessy. (bp-4/han)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di