DPOP Sosialisasi Kewirausahaan Pemuda

Libatkan 100 Komunitas Pemuda dan Mahasiswa Balikpapan


23 Sep 2019, 12:34:04 WIB

DPOP Sosialisasi Kewirausahaan Pemuda

MULAI USAHA: Pengalungan tanda peserta sosialisasi kewirausahaan pemuda yang digelar DPOP Balikpapan. Para peserta foto bersama.


BALIKPAPAN--Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menggelar sosialisasi kewirausahaan pemuda bertempat di Hotel Grand Tjokro Sabtu (21/9). Kegiatan  sosialisasi kewirausahaan pemuda tahun 2019 dengam tema "Meraih Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0", dibuka oleh Sekretaris Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Malik Effendi mewakili Wali Kota Balikpapan.

Turut hadir Kabid Kepemudaan DPOP Balikpapan Indira Purnama Jaya, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Hardiana Muriyani, dan narasumber Kepala Bidang Akses Permodalan pada Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Dzikro dan Rahman Hadisaputra Kabid Industri Kecil dan Menengah DKUMKMP Kota Balikpapan, serta  100 peserta dari wirausaha komunitas pemuda Balikpapan, pelajar, mahasiswa dan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota mengapresiasi kegiatan yang sangat strategis bagi pemuda, terutama dalam era revolusi industri 4.0. "Karena berdasarkan data, jumlah entrepreneur di Indonesia  baru mencapai 3 persen, dengan berbagai sektor wirausaha dan  UMKM," jelasnya.

Dan peluang generasi muda yang memiliki mentalitas kewirausahaan yang kuat, juga peluang memanfaatkan waktu, magang, leadership manajemen dan pengembangan usaha berpeluang besar untuk maju.

"Apalagi Indonesia kedepannya memiliki bonus demografi yaitu jumlah penduduk, tentunya harus membuat lompatan kemajuan lebih jauh, terutama peran pemuda dalam melihat peluang setelah ditetapkannya Kaltim menjadi ibu kota negara, dan Balikpapan sebagai kota penyangga, sehingga peran pemuda untuk menjadi wirausaha muda  yang terjun dalam persaingan dan memajukan ekonomi bangsa," harap Wali Kota.

Sementara itu menurut Kabid Kepemudaan, Indira Purnama Jaya, kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan Pemuda Tahun 2019 diharapkan setelah kegiatan ini,.para pemuda dapat terjun di bidang kewirausahaan, dalam rangka meningkatkan ekonomi kota Balikpapan.

"Juga berkreativitas dan berinovasi dalam membuka peluang kerja sendiri, dan melalui revolusi industri 4.0 pemuda juga dapat memanfaatkan teknologi dalam memasarkan hasil produk usaha mereka," jelas Indira.

Jadi jangan berfikir untuk menjadi wirausahawan harus memiliki perusahaan, mereka melalui kegiatan ini dapat memulai usaha kecil baik dihidangkan makanan lokal, industri kecil dan lainnya.

"Tujuan sosialisasi wirausaha pemuda, agar mereka dapat membuka usaha dan menekan angka pengangguran di kota Balikpapan, mereka menjadi wirausaha,"jelasnya lagi.

Selain itu dalam sesi ini, para peserta juga dipaparkan tentang peluang- peluang permodalan dari  Kemenpora, sedangkan dari  Dispora  Kaltim agar pelaku usaha jangan melupakan budaya kita sebagai kearifan lokal diutamakan, seperti panganan lokal.

"Sedangkan dari dari Dkumkmp Balikpapan memberikan kesadaran kepada calon wirausahawan agar dalamembuat usaha harus memiliki izin, seperti industri rumah tangga, jangan banyak berfikir bahwa permodalan wirausaha sulit, karena ada perbankan juga program dari pemerintah dan lainnya," jelas Indira. Selain itu juga dibuka sesi diskusi panel bersama narasumber yang hadir. (**/han/ono)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di