DP3 Pastikan Hewan Kurban Berstiker Sehat!

68 Anggota Tim Pemantau Disebar ke 500 Titik


21 Jul 2021, 12:17:56 WIB

DP3 Pastikan Hewan Kurban Berstiker Sehat!

ANTISIPASI : DP3 Balikpapan melakukan pemeriksaan terhadap 68 anggota tim pemantau yang bertugas melakukan pemantauan pemotongan hewan kurban di 500 titik di Kota Balikpapan


BALIKPAPAN--Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Balikpapan mengimbau kepada seluruh masyarakat Balikpapan untuk membeli hewan kurban yang sudah memiliki stiker sehat. Hal tersebut sebagai tanda bahwa hewan tersebut sudah melewati proses pemeriksaan yang dilakukan DP3 Balikpapan dan dinyatakan layak untuk konsumsi.

Kepala DP3 Balikpapan, Heria Prisni mengungkapkan, DP3 Balikpapan telah memeriksa sebanyak 3.912 hewan kurban dalam pelaksanaan kurban di Kota Balikpapan tahun 2021. "Hasilnya di lapangan, hanya sedikit sekali yang tidak sehat. Jadi hewan kurban yang sudah dinyatakan sehat kami tandai dengan menempelkan stiker sehat," terang Heria kepada Balikpapan Pos, Senin (19/7) lalu.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan guna  pemenuhan syarat hewan kurban tersebut telah dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu.

"Dalam proses pemeriksaan juga tidak ada kendala," katanya.

Heria juga memaparkan bahwa penjualan hewan kurban berstiker sehat juga sudah diatur dalam  Surat Edaran Wali Kota Balikpapan Nomor 0491 tahun 2021 tentang Penjualan Hewan Kurban.

"Dalam aturan ini juga diimbau agar masyarakat dapat menggunakan RPH untuk melakukan pemotongan hewan kurban meskipun kapasitas RPH tidak mampu menampung seluruh hewan kurban yang tersedia. Tapi kami juga sudah menyediakan 500 titik tempat pemotongan hewan kurban yang tersebar di Balikpapan," tuturnya.

Lebih jauh Heria menambahkan, pihak DP3 juga telah membentuk tim pemantau pelaksnaan kurban yang terdiri dari 68 anggota dan dibagi ke dalam 15 tim. Tim pemantau ini akan memantau di 500 titik tempat pemotongan hewan kurban.

"Selain tim pemantau DP3, juga ada 100 orang anggota panitia mesjid yang telah terdaftar," jelas Heria.

Menariknya, seluruh anggota tim pemantau juga telah melewati proses pemeriksaan dengan menjalani tes swab Antigen guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Proses pemeriksaan Swab Antigen tersebut dilakukan di kantor DP3 Balikpapan pada Senin (19/7).

"Tujuan kami pastinya ingin melayani masyarkat secara maksimal. Maka itu, jangan sampai kami yang menularkan  ke masyarakat. Kami harus mewajibkan petugas yang akan turun ke lapangan untuk melakukan tes Antigen. Kalau mereka tebukti terpapar, maka tidak akan kami ikutkan dalam tim ini. Karena kami sadar penyebaran Covid-19 di Balikpapan sedang sangat tinggi. Jadi kami berusaha untuk mengantisipasi dari kalangan internal kami," papar Heria.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Kepala Bidang Kehewanan dan Peternakan DP3 Balikpapan, Suriansyah Abdul Kadir menerangkan, tim pemantau akan turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan pelaksanaan pemotongan hewan kurban selama 4 hari ke depan.

"Kriteria yang harus diperhatian oleh tim pemantau adalah kesehatan ternak atau hewan kurban yang akan dipotong. Selanjutnya, melakukan pemeriksaan daging kurban uang akan disebar ke masyarakat dan harus dipastikan  sehat, aman dan laik konsumsi," pungkasnya. (cha/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di