DP3 Balikpapan Gelar Pembinaan Penganekaragaman Pangan

Serta Pengawasan Keamanan Pangan


24 Nov 2022, 10:29:00 WIB

DP3 Balikpapan Gelar Pembinaan Penganekaragaman Pangan

Teks foto : foto 1: Heria Prisni Foto 2: Kegiatan DP3 selama tahun 2022 (foto: Moeso)


BALIKPAPAN-Tahun 2022  Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, melalui Bidang Ketahanan Pangan dengan Subtansi Penganekaragaman dan Keamanan Pangan telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain, Pengembangan Pekarangan Pangan Lestari( P2L).

"Kegiatan P2L ini adalah kegiatan yang dilakukan bersama sama anggota kelompok dalam memanfaatkan lahan tidur, pekarangan dan lahan kosong untuk dijadikan lahan dalam pemenuhan pangan keluarga," ungkap Kepala DP3 Heria Prisni.

Ia menambahkan bahwa sasaran kelompok ini adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam bentuk P2L  dengan dana hibah Rp. 15.000.000 setiap KWT yang berasal dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK NF ) tahun 2022.  

"Adapun 5 KWT  penerima bantuan hibah DAK NF tahun 2022,

KWT Sumber Berkah Kelurahan Batu Ampar, Suka Maju Kelurahan  Sumber Rejo, Berlian Kelurahan Sumber Rejo, Lahan Bersahaja Kelurahan Damai, Jembatan Panjang KM. 25 Kelurahan Karang Joang," tambahnya.

Tujuan dari kegiatan P2L ini adalah sebagai ketahanan pangan dan gizi rumah tangga serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga. Penggunaan dana hibah diperuntukkan 4 komponen yaitu peningkatan rumah bibit, demplot, pertanaman di setiap rumah anggota dan pasca panen

"Sebelum dana diberikan terlebih dahulu, dilaksanakan pelatihan tematik untuk masing-masing kelompok penerima, dilanjutkan dengan rapat koordinasi, pendampingan dan monitoring kelapangan dari awal pelaksanaan sampai panen," urai Heria.

Sesuai fungsinya, Bidang Ketahanan Pangan, DP3  Kota Balikpapan melaksanakan pengawasan keamanan pangan segar asal tumbuhan yang termasuk dalam Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), adalah pangan asal tumbuhan yang dapat dikonsumsi langsung atau yang dapat menjadi bahan baku pangan olahan yang mengalami pengolahan.

 "Kita juga mengawasi minimal meliputi pencucian, pengupasan, pendinginan, pembekuan, pemotongan, pengeringan, penggaraman, pencampuran, penggilingan, pencelupan, atau proses lain tanpa penambahan bahan tambahan pangan kecuali pelapisan dengan bahan penolong lain yang diijinkan untuk memperpanjang masa simpan. Kami juga melakukan pengawasan pre-market, yaitu pengawasan keamanan PSAT sebelum diedarkan ke pasar dalam bentuk sertifikasi dan pendaftaran PSAT.

Pengawasan ini dilakukan melalui

pengambilan contoh di pelaku usaha, baik petani maupun distributor PSAT," tandasnya.(moe)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di