Dosen Poltekba Lakukan Pengabdian Masyarakat

TTG Smart Bench Lengkapi Fasilitas di Taman Tiga Generasi


12 Jan 2021, 14:03:36 WIB

Dosen Poltekba Lakukan Pengabdian Masyarakat

PENGABDIAN MASYARAKAT: Smart Bench atau kursi cerdas yang merupakan karya teknologi tepat guna dosen Poltekba yang ditempatkan di Taman Tiga Generasi Balikpapan. Penyerahan simbolis program pengabdian masyarakat dari dosen Poltekba kepada Kepala Disperkim Ketut Astana (dua dari kiri).


BALIKPAPAN - Program pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian kegiatan dari tri dharma perguruan tinggi yang bertujuan untuk membantu masyarakat di lingkungan sekitar dengan beberapa bentuk aktivitas, baik dibidang pendidikan maupun dibidang layanan masyarakat.

Spirit dosen Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) bahwa tiada hari tanpa pengabdian masyarakat menjadi semangat untuk membangun dunia pendidikan yang lebih baik.

Program pengabdian masyarakat menjadi kegiatan wajib bagi dosen dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud Dikti).

Bersama Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Poltekba dengan anggaran dari DIPA Poltekba 2020, sejumlah dosen Poltekba dan mahasiswa mewujudkan serta mengimplementasikan pengabdian masyarakat dalam bidang energi dan sarana prasarana Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (PLTM).

Para dosen Jurusan Teknik Elektro Poltekba, yakni Hadiyanto ST MEng, Drs Suhaedi MT, Ihsan MKom dan Riklan Kango MT beserta mahasiswa Raka dan La Adesfar membuat teknologi tepat guna (TTG) yaitu smart bench atau kursi cerdas.

Menurut Hadiyanto ST MEng, pengabdian masyarakat yang dilakukan yaitu sosialisasi kepada mitra dan pengunjung Taman Tiga Generasi Jalan Ruhui Rahayu tentang pengaplikasian solar sel sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (PLTM).

Hasil pengabdian masyarakat dosen Poltekba yaitu smart bench atau kursi cerdas diserahkan kepada Ir I Ketut Astana MM Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Balikpapan didampingi Hairul Ilmi Kepala Bidang Pertamanan Permakaman.

Bantuan alat TTG  berupa 1 set smart bench dengan kapasitas 300 WP dengan tujuan mensuplai listrik untuk lampu LED dan menchager perangkat handphone pengunjung.

Dikatakan Hadiyanto, keberadaan taman Tiga Generasi memiliki potensi yang bagus untuk dijadikan tempat wisata, namun sumber energi beberapa fasilitas di taman sepenuhnya masih disuplai oleh PLN.

"Sehingga menyebabkan boros biaya dan masalah berkelanjutan yakni krisis energi listrik. Sehingga dengan program pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan sarana prasarana ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada instansi terkait dan masyarakat pengunjung taman Tiga Generasi terhadap bagaiman pemanfaatan energi matahari sebagai pembangkit listrik," terangnya.

Demikian juga penggunaan solar sel sebagai sumber energi listrik untuk fasiltas taman berupa bangku tempat duduk ini diharapkan dapat menjadi prasarana tambahan bagi taman Tiga Generasi untuk pengunjung yang datang serta dapat menciptakan fasilitas taman yang ramah lingkungan dan hemat energi listrik. (***han)




Moderated by balpos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Berita Sehat Bugar

Read More


UPAH MINIMUM TAHUN 2020
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
KALTIM UMUM 2.981.378,72
BALIKPAPAN UMUM 3.069.315,66
BERAU UMUM 3.386.593,23
BONTANG UMUM 3.182.706,00
KUBAR UMUM 3.309.555,00
KUKAR UMUM 3.179.673,00
KUTIM UMUM 3.140.098,00
PASER UMUM 3.025.172,00
PPU UMUM 3.363.809,79
SAMARINDA UMUM 3.112.156,40

Temukan juga kami di