DLH Siapkan 15 Dropbox

Antisipasi Sampah B3 Rumah Tangga


20 Apr 2020, 10:28:27 WIB

DLH Siapkan 15 Dropbox

Suryanto


Balpos.com, BALIKPAPAN - Antisipasi lonjakan limbah medis di tengah pandemi Covid-19, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan menyiapkan 15 dropbox di enam kecamatan. Hal ini dilakukan agar limbah masker disposable yang berpotensi Infeksius, tidak mencemari lingkungan.

Kepala Dinas lingkungan Hidup kota Balikpapan Suryanto, mengatakan bahwasanya dia yakin masih banyak masyarakat yang membuang limbah masker di tempat pembuangan sampah umum. Dengan begitu sampah berpotensi infeksius tersebut masih bercampur dengan sampah rumah tangga lainnya.

"Saya yakin pasti mereka masih ada yang membuang sampahnya ditempat umum. Makanya petugas saya dilengkapi dengan alat perlindungan diri, kemudian mereka juga dianjurkan  harus selalu cuci tangan," ujar Suryanto.

Untuk pemasangan 15 dropbox itu, kini DLH hanya tinggal menunggu tanda tangan dari wali kota. Setelah tanda tangan dari wali kota nantinya kami akan sosialisasikan. Nantinya pihaknya akan menginformasikan kepada masyarakat di mana saja lokasi dropbox tersebut. Dengan begitu masyarakat bisa membuang sampah sejenis ini di dropbox yang telah disediakan.

"Nanti kami infokan dropbox ditempatkan dimana saja sehingga masyarakat tahu harus membuang bekas masker pakai itu kemana," katanya.

Lanjut Suryanto, limbah dari rumah sakit juga sudah terkendali. Pasalnya rumah sakit  sudah mengelompokkan sampah sesuai dengan kelompoknya.

Sementara itu, sampah B3 rumah tangga yang sudah terkumpul di dropbox akan diangkut oleh pihak ketiga. Tentunya perusahaan yang memiliki izin untuk mengangkut dan memusnahkan limbah tersebut.

Suryanto juga sudah menegaskan bahwa sudah menyiapkan anggaran untuk mengurus terkait limbah tersebut meski nominalnya dapat dikatakan tidak banyak. "Ada 20 juta saja, tapi saya yakin ini kurang dan rencananya akan kami minta di anggaran perubahan. Sebab ini juga penting, karena ada edaran baru kamu boleh mengusulkan anggaran," pungkasnya. (cha/rus)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di