Dispustakar Apresiasi Peminjam Buku Terbanyak

Gelar Berbagai Kegiatan Peringati Hari Kunjungan Perpustakaan 2023


19 Sep 2023, 08:51:16 WIB

Dispustakar Apresiasi Peminjam Buku Terbanyak

SALAM LITERASI :  Dispustakar Kota Balikpapan memberikan apresiasi kepada Zahrah sebagai peminjam buku terbanyak. Kepala Dispustakar Kota Balikpapan Elvin Junaidi turut mengapresiasi penulis lokal Farah Via yang me-launching buku ketiganya.


BALIKPAPAN- Momen peringatan Hari Kunjungan Perpusatakaan yang jatuh pada tanggal 14 September lalu, dimanfaatkan betul oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Kota Balikpapan untuk meningkatkan jumlah kunjungan sekaligus mendongkrak minat dan budaya membaca.

Beberapa kegiatan digelar Dispustakar Kota Balikpapan, di antaranya kegiatan mendengarkan dongeng oleh pendongeng Muhammad Amir. Kemudian parenting dengan mengangkat tema "Manfaat Buku Cerita Terhadap Perkembangan Komunikasi Anak" yang diisi oleh psikolog anak dari Puspaga, Nurul Mahmudah Umar.

"Kita berharap dengan kegiatan ini bisa terus mendorong masyarakat, khususnya anak-anak kita yang masih duduk di bangku SD mengenal perpustakaan dan semakin tumbuh minat bacanya. Sehingga membaca buku menjadi budaya yang tidak hilang sampai mereka dewasa nanti," ujar Kepala Dispustakar Kota Balikpapan, Elvin Junaidi.

Di perpustakaan, lanjut Elvin-akrabanya disapa, siapa saha dapat membaca buku dari berbagai sumber literasi. Sumber ini dapat berupa buku cetak, jurnal, e-book, dan masih banyak lainnya. Ada sejumlah manfaat pentingnya membaca buku, yakni mningkatkan pemahaman yang positif, meningkatkan pola pikir yang kritis dalam segala hal

"Kemudian itu tadi, neningkatkan budaya literasi serta memperkuat dan mengembangkan budi pekerti yang baik. Karena buku bacaan di perpusataan ini sudah diseleksi, mana-mana saja bacaan yang pantas dari segala usia dan jenis bukunya," beber Elvin.

Selain itu, pihaknya juga menganugerahkan penghargaan kepada salah satu pelajar yang berdasarkan data Perpustakaan Balikpapan paling sering berkunjung dan terbanyak meminjam buku. Dia adalah Zahrah Asy Syahidah Z siswi dari kelas VII SMP Negeri 7 Balikpapan.

"Berdasarkan data kita, dalam satu tahun terakhir dia jadi pemustaka peminjam buku terbanyak dengan total 148 buku. Jadi patut kita apresiasi, mudah-mudahan ada pelajar lain yang juga sering berkunjung ke perpustakaan," beber mantan Kepala Dinas Perhubungan ini.

Elvin menuturkan, pada Hari Kunjung Perpustakaan Nasional tidak hanya memperingati keberadaan perpustakaan nasional, tetapi juga menyoroti pentingnya literasi dan peningkatan minat baca di tengah masyarakat. Bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi gerakan aktivis intelektual. Perpustakaan tidak hanya tempat penyimpanan buku, tetapi juga tempat untuk belajar, penelitian, dan pengembangan diri.

"Momen ini diharapkan mendorong penyebaran budaya membaca di kalangan generasi muda Indonesia dan meningkatkan kesadaran literasi. Lebih termotivasi membaca buku dan mengakses berbagai sumber pengetahuan," tandas Elvin.

LAUNCHING BUKU

Masih berkaitan dengan budaya literasi, Elvin Junaidi juga berkesempatan menghadiri dan memberikan sambutan atas launching dan bincang buku "Aku Yang Lebih Kuat Dari Kemarin" yang digelar di Domain Co Working Space Universitas Mulia Balikpapan pada Jumat (15/9) garapan Bait Semusim Media dalam rangka Hari Literasi Internasional.

Buku karya penulis lokal Farah Via ini mendapat apresiasi dari Elvin, selain isinya yang dianggap menarik dan bagus, dia sangat berharap ada karya buku selanjutnya. "Bahkan kita berharap ada penulis penulis lain asal Balikpapan yang bermunculan sebagaimana program Perpustakaan Nasional," pungkas Elvin Junaidi. (die/pms).




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di