Disporapar Kukuhkan Pokdarwis Pantai Cemara

Pantai Diharapkan Meningkatkan Perekonomian Warga Sekitar


11 Jan 2022, 09:49:37 WIB

Disporapar Kukuhkan Pokdarwis Pantai Cemara

POTENSI PARIWISATA: Pengukuhan Pokdarwis Pantai Cemara olehDisporapar Kota Balikpapan diharapkan meningkatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar.


BALIKPAPAN-Pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Cemara Kampung Nelayan RT 11 Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur, resmi dikukuhkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata  (Disporapar), Senin (10/1).

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut Kepala Bidang Pariwisata Abdul Majid, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle dan Subari serta Suriani anggota DPRD Komisi 4 , Camat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah, LPM, tokoh agama, tokoh masyarakat sekitar, tokoh pemuda dan RT yang ada di Manggar Baru.

"Yang meresmikan tadi Kepala Bidang Pariwisata Pak Majid. Pantai Cemara ini awalnya tempat tambatan perahu pada tahun 1981, seiring waktu terjadilah daratan. Pada tahun 2010 ada penanaman sejuta pohon oleh ibu negara, ibu Ani Yudhoyono. Setelah jadi, kami  RT 11 dipercaya oleh masyarakat untuk mengembangkan destinasi wisata di sini," kata Ketua Pokdarwis Pantai Cemara Ludiansyah di lokasi acara.

Dirinya berharap dengan adanya pantai Cemara bisa menambah perekonomian dari masyarakat dengan adanya warung untuk berjualan, selain itu berharap bisa jadi objek wisata yang asri di Balikpapan.

Sekretaris Lurah Manggar Baru Johar Junainah berharap dengan adanya kelompok sadar wisata di Pantai Cemara bisa berkembang dengan baik dan bisa menambah pemasukan bagi penduduk sekitar. "Bisa menjadikan pemasukan bagi penduduk di sekitar, peningkatan ekonomi warga sekitar," jelasnya.

Dirinya juga sampaikan bahwa selama ini pantai Cemara sudah ramai dikunjungi oleh masyarakat, sehingga dengan banyaknya pengunjung diharapkan juga bagi para pedagang untuk menerapkan harga yang sewajarnya.

"Kami ingin juga ada penataan pedagang pedagang ini dan harga jangan sampai melebihi dari harga (umum), ya wajar-wajar saja, ini juga mau kita sampaikan ke pengurus Pokdarwis kalau harga jangan sampai mahal sekali dan terutama kita ciptakan keamanan," imbuhnya.

Ketua LPM Manggar Baru Nurlia mengatakan bahwa sebelum pengukuhan Pokdarwis, warga ada yang pro dan kontra, namun berjalan waktu semua dapat terselesaikan dengan baik.

"Harapan saya mudah-mudahan pantai Cemara ini akan menjadi destinasi bukan hanya di Balikpapan dikenal, tapi seluruh Kaltim, kalau bisa se Indonesia. Kami akan selalu mensupport memberikan ide ide yang bagus agar pantai ini lebih banyak dikunjungi warga," kata Nurlia.

Tak beda jauh dengan apa yang disampaikan oleh Sekretaris Lurah Manggar, anggota DPRD komisi 4 Suriani,  terkait harga makanan yang ada di Pantai Cemara jangan sampai terlalu mahal dari harga pada umumnya.

"Mudah mudahan ke depannya punya inovasi bersaing dengan pantai pantai yang lain, yang kedua penataan UMKM lebih bagus lagi. Agar diseragamkan dan ada harga yang tertera di setiap warung warung. Paling tidak harganya yang standar standar saja, jadi ada harga makanan yang sudah dilihat oleh pengunjung di sini nantinya," jelas Suriani.

Sementara itu Direktur Eksekutif Pokja Pesisir Pesisir Mappaselle juga berharap dengan telah dikukuhkannya Pokdarwis Pantai Cemara masyarakat bisa mengembangkan potensi wisata agar ke depannya bisa maksimal memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. (jam/ono)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di