Dinkes Paser Antisipasi Penyebaran Omicron

Ruang Isolasi Terpadu Tetap Buka


08 Jan 2022, 09:09:56 WIB

TANA PASER- Dinas Kesehatan Kabupaten Paser menyatakan kes­iapannya dalam mengantisipasi pe­nyebaran Covid-19 varian Omicron. Walaupun hingga kini belum ada temuan kasus Omicron di wilayah Paser, Kepala Dinkes Paser dr. Dewa Made Sudarsana menyatakan pihaknya tetap menyiapkan tempat Isolasi Terpadu (Isoter).

“Mengenai kasus Omicron, kita tetap antisipasi dengan membuka ru­ang Isoter dengan segala fasilitasnya,” kata Dewa, Jumat (7/1).

Dia pun juga telah mengintruksikan tiap rumah sakit untuk menyiapkan tempat tidur berlebih, jika sewaktu-waktu ada masyarakat terpapar kasus Covid-19 varian Omicron.

“Antisipasinya itu, kita siapkan obat-obatan maupun alat test yang ada kaitannya dengan Covid-19,” jelasnya.

Dewa menerangkan, dari hasil evaluasi yang dilakukan baik dalam maupun luar neg­eri, gejala yang ditimbulkan virus varian Omicron tidak separah dengan varian Delta. Gejalanya jauh lebih ringan, namun tetap mematikan ke­pada orang-orang yang be­lum divaksin, khususnya un­tuk orangtua atau lansia.

“Gejala pada orang yang terjangkit Omicron tidak sp­esifik, yaitu panas tidak ter­lalu tinggi, batuk tidak keras, dan ciri khasnya itu rasa lelah yang luar biasa,” jelasnya.

Dewa pun mengimbau masyarakat yang telah be­pergian keluar daerah dan sudah terinfeksi Omicron, agar segera melapor ke dinkes maupun petugas puskesmas terdekat.

“Jangan sembunyikan in­formasi, agar kami lakukan isolasi sesuai dengan keten­tuan, dan harus siap untuk diisolasi,” ucapnya.

Hal itu dilakukan, kata Dewa, agar Paser terhindar dari varian Omicron yang pe­nyebarannya sangat mudah menular. Ada yang menga­takan 10 kali lebih cepat me­nyebar dibandingkan varian Delta.

“Waktu penularan juga sangat pendek, 3 hari kena, sudah bisa menularkan,” tan­dasnya. (tom/cal)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di