Diduga Mengering Akibat Rongga di Bawah Spillway




27 Jul 2021, 08:58:08 WIB

Diduga Mengering Akibat Rongga di Bawah Spillway

AM Yusri Ramli


BALIKPAPAN-Hasil investigasi mengeringnya air Waduk Telagasari, yang terjadi 17 Mei 2021 disebabkan  adanya celah rongga dibawah bangunan spillway (saluran pelimpah) yang ada di struktur fondasi. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan, AM Yusri Ramli.

"Hasil dari investigasi yang dilakukan tidak terjadi kebocoran disisi hulu. Melainkan air surut karena semacam rongga di bawah bangunan spillway. Jadi sitepile yang pernah dipasang disitu kemungkinan ada pergerakan sehingga ada celah rongga," ujar Yusri, kepada awak media, Senin (26/7).

Ia menjelaskan, bahwa hasil investigasi mengeringnya Waduk Telagasari telah dibuatkan laporan, serta akan disampaikan kepada Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Namun, karena beliau ada tamu maka pihaknya akan membuat jadwal ulang. Untuk menyampaikan hasil investigasi tersebut.

Dia mengungkapkan, setidaknya ada dua penanganan yang akan disampaikan kepada Wali Kota Rahmad Mas'ud. Yakni, menggunakan material yang kedap air, seperti tanah liat ditimbun lalu akan dipadatkan dengan dimensi sepanjang lebar spillway 50 meter.

Kemudian, membuat kembali fondasi sitepile yang mengalami pergerakan itu tapi tidak mengganti sitepile yang sudah ada. Dua penanganan ini cukup menghentikan rembesan air yang ada di waduk itu. Insyaallah jika kedua cara tersebut digunakan akan bisa menampung kembali air di waduk Telagasari.

Yusri menuturkan, untuk masalah anggaran dan waktu pelaksanaannya nanti pihaknya akan bertemu dengan Wali Kota Balikpapan.

“Jika sudah ada arahan dari Wali Kota, kita akan tindak lanjuti. Semoga bisa ditangani tahun ini supaya jika terjadi hujan waduk Telagasari bisa berfungsi kembali,”ujarnya.

Menurutnya, jika dihitung untuk anggaran perencanaan kurang lebih sekira Rp 1,5 miliar. “Tapi ini belum kita laporkan ke Wali Kota, jika nanti sudah ada arahan dari Wali Kota tindaklanjutnya seperti apa. Mudah-mudahan satu dua hari ini kami bisa laporkan ke beliau,” pungkasnya. (djo/vie)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di