BMKG Perkirakan Lebaran Idul Fitri Hujan

Waspadai Cuaca Ekstrem, Terutama Wilayah Rawan Banjir dan Longsor


11 Mei 2021, 08:59:18 WIB

BMKG Perkirakan Lebaran Idul Fitri Hujan

PERKIRAAN CUACA: Dian Novrida dari BMKG Kota Balikpapan menjelaskan kondisi cuaca Kota Balikpapan dan prediksi cuaca saat lebaran Idul Fitri


BALIKPAPAN-Lebaran Idul Fitri 1442 H jatuh Kamis (13/5). Nah, di saat lebaran nanti, diperkirakan akan turun hujan.   Prediksi cuaca pada lebaran diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan yang memperkirakan  bahwa cuaca masih berpotensi hujan dengan intensitas bervariasi.

"Hujannya itu antara malam kemudian dini hari sampai menjelang pagi hari, dan ini akan diprediksi sampai pada saat hari raya Idul Fitri akan seperti itu kondisi cuacanya," kata Dian Novrida dari BMKG Kota Balikpapan kepada Balikpapan Pos, Senin (10/5) kemarin.

Perkiraan tersebut berdasarkan pengamatan pola angin yang terdapat belokan dan itu akan memicu pertumbuhan awan-awan konfektif penyebab terjadinya hujan. Adapun hal-hal yang perlu diwaspadai termasuk hujan deras dan  angin kencang, agar masyarakat selalu tetap waspada di saat terjadi nya cuaca yang secara tiba-tiba.

"Perkiraan terjadinya hujan itu malam, kemudian dini hari hingga pagi hari. Dengan intensitas ringan hingga lebat ketika lebat perlu diwaspadai bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor," imbuhnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar waspada dengan adanya peralihan cuaca  hujan ke kemarau karena biasanya terjadi cuaca ekstrem hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang. “Cuaca ekstrem perlu diwaspadai  terutama di daerah rawan banjir dan longsor,” pungkas Dian. (bp-3/ono)




Moderated by Admin Sosmed BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di