Balkot Gandeng BNNK Sosialisasi Bahaya Narkotika

Camat Ingin Jadikan Kecamatan Bersinar


04 Okt 2019, 12:58:31 WIB

Balkot Gandeng BNNK Sosialisasi Bahaya Narkotika

HINDARI NARKOBA: Sosialisasi bahaya narkoba yang digelar di Balai Kelurahan Prapatan diikuti para Ketua RT, pengurus PKK, staf kelurahan, staf kecamatan dan para tokoh masyarakat.


balikpapanPos-online.co.idDemi mengantisipasi atau mencegah peredaran narkoba, khususnya bagi generasi penerus agar tidak menjadi pengguna barang haram tersebut, Kecamatan Balikpapan Kota (Balkot) melakukan sosialisasi  bahaya penyalahgunaan narkoba. Acara tersebut menggandeng Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan yang dipusatkan di Balai Kelurahan Prapatan, Kamis (3/10) kemarin.

Pada pelaksanaan itu, Camat Balkot, Asfiansyah berharap ke depannya menjadi kecamatan yang bebas penyalahgunaan obat terlarang. Acara tersebut telah menjadi agenda rutin tiap tahunnya.

“Sehingga nanti kami ingin Kecamatan Balikpapan Kota menjadu bersinar, yakni bersih narkoba. Biasanya kami mengundang pelajar, mahasiswa,” kata Asfiansyah.

Asfiansyah berkeinginan dengan adanya penyuluhan dan informasi yang disampaikan dari Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) para undangan dapat mengetahui jenis narkoba yang beredar pada kalangan masyarakat.

“Kegiatan ini juga dalam rangka menambah wawasan akan jenis narkoba ini. Karena banyak jenis-jenis narkoba baru yang harus diketahui. Apalagi saat ini Kaltim berada nomor tiga penyalahgunaan obat terlarang se-Indonesia,” sambungnya.

Ia pun menerangkan, bahwa peredaran narkoba kini telah menyasar pelajar SD. Diterangkannya hal tersebut menjadi ancaman untuk generasi penerus bangsa. Padahal anak-anak pelajar harus diperhatikan guna menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.

“Kalau sudah terjerumus ke narkoba, maka nanti akan menjadi generasi yang kurang baik nantinya. Sehingga kami kini disetiap RT di kelurahan masing-masing memiliki kader perlindungan perempuan dan anak. Jadi bukan saja tugasnya menjaga keluarga dari kekerasan rumah tangga. Tapi juga menjaga anak-anak kita jangan sampai diimingi kemudian tertarik mencoba narkoba,” terangnya.

Ia pun menyinggung dengan maraknya anak-anak usia emas yang menghirup aroma lem. Mengingat hal itu sangat berbahaya dan berdampak merusak saraf anak.

“Khususnya masalah ngelem, sehingga malas belajar dan pasif, ini yang harus diatasi bersama. Jadi penanggulangan narkoba ini bukan hanya upaya dari BNN atau kepolisian, tetapi seluruhnya kita masyarakat orang tua dan para guru harus ikut memerangi narkoba,” ujarnya.

Asfiansyah pun meminta para undangan untuk menyampaikan kepada tetangganya atau disebarluaskan. Sehingga penyalahgunaan narkoba menurun dan tidak terdapat lagi penggunan narkoba.

Pada sosialisasi kemarin turut dihari ketua RT, jajaran kelurahan, tokoh masyarakat, satgas narkoba di Kecamatan Balikpapan Kota. Serta pemaparan narkoba disampaikan oleh Staf Penyuluh dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Balikpapan, Nia Megawati Benny dengan memaparkan bagaimana mewujudkan generasi millenial yang bebas dari narkoba. 

“Nanti bisa menyampaikan kepada tetangga kita, sehingga kedepan wilayah Balkot dan menurun dan tak ada lagi pengguna narkoba. Sehingga nanti kami ingin Kecamatan Balikpapan Kota menjadi kecamatan yang bersinar bersih dari Narkoba. (wal/ono)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di