Antisipasi Karhutla, Warga Diminta Tidak Membakar




23 Sep 2019, 12:37:39 WIB

Antisipasi Karhutla, Warga Diminta Tidak Membakar

CEGAH KEBAKARAN: Kelurahan Lamaru bersama pilar melakukan sosialisasi Karhutla di Salok Lay untuk mengantisipasi kebakaran.


BALIKPAPAN – Salah satu daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah Kecamatan Balikpapan Timur (Baltim), yakni Kelurahan Lamaru. Karena sebagian besar wilayahnya masih berupa hutan dan lahan, dan masyarakatnya banyak yang melakukan aktivitas sehari-hari di kebun.

Salah satunya di kawasan Salok Lay yang daerahnya jauh dari permukiman warga, sekitar 15 kilometer menembus hutan dari Jalan Mulawarman. Untuk kawasan Salok Lay terdapat dua RT, yakni RT 8 dan RT 9. Untuk mencegah terjadinya Karhutla di kawasan tersebut, pihak Kelurahan bersama dengan pilar, yakni Bhabinkamtibmas dan Babinsa gencar-gencarnya melakukan sosialisasi kepada warga sekitar.

“Ya kami secara bersama-sama pilar kelurahan lebih meningkatkan dan intens lagi melakukan sosialisasi mengenai Karhutla,” kata Lurah Lamaru, Suyatno Hadi Saputro, saat diwawancarai Balikpapan Pos, kemarin.

Yatno -sapaan akrabnya, pihaknya bukan sekadar membentangkan spanduk sebagai imbauan fisik nyata. Tetapi juga setiap bertemu warga yang tengah melakukan aktivitas di lingkungan untuk tak melakukan pembakaran.

“Ada beberapa titik kami tempatkan spanduk. Kami juga sampaikan kepada warga yang ditemui di jalan, kembali mengingatkan untuk tak melakukan pembakaran yang sifatnya bisa menyebabkan kebakaran,” sambungnya. Dirinya pun selain bekerja sama dengan menerapkan imbauan dalam aktivitas sehari-hari. Ia pun meminta warga untuk menyampaikan kembali kepada sanak keluarga atau tetangga terdekatnya.

“Kami bertemu dan bicarakan ke mereka (warga) untuk dapat menyebar luaskan imbauan ini. Soalnya ini juga memerlukan kerja sama dari semua lapisan masyarakat. Jadi kita harap jangan pernah ada warga yang memutuskan untuk melakukan pembakaran, baik itu sampah skala kecil,” pungkasnya. (wal/ono)




Moderated by Redaksi


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di