43 Lolos Seleksi Paskibraka 2021

Dispora Berharap Terapkan Sikap Disiplin dan Sosial yang Baik


14 Apr 2021, 10:24:16 WIB

43 Lolos Seleksi Paskibraka 2021

SELEKSI: Kepala Disporapar, Ketua Panitia, pelatih dari TNI/Polri foto bersama usai acara seleksi Paskibraka tahun 2021 di kantor Disporapar Balikpapan.


BALIKPAPAN-Pemkot Balikpapan melalui Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan mengumumkan hasil akhir seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021, Senin (12/4) kemarin.

Kepala Disporapar Balikpapan Doortje Sorta Susani Marpaung mengatakan, sesuai dengan surat serta arahan dari pusat dan provinsi pihaknya bisa melaksanakan seleksi Paskibraka di tahun 2021.

"Karena tahun lalu vakum, bukan vakum tidak dilaksanakan, memang kondisi Covid-19 yang tidak memungkinkan. Dan syukur kalau tahun lalu anak paskibraka yang tahun sebelumnya masih bisa," kata Doortje di kantornya.

Mengingat Paskibraka tahun yang sebelumnya sudah banyak yang lulus, hal itulah yang menjadi pertimbangan dari pusat maupun provinsi untuk mengadakan seleksi.

Lebih lanjut Doortje mengatakan, pihaknya mendapatkan jatah satu orang peserta perempuan yang dikirim ke provinsi. Berharap bisa berbaur dengan peserta dari kota/kabupaten lain dan bisa menjalankan tugasnya serta berharap bisa sampai ke nasional.

"Sedangkan yang di Balikpapan, dari Paskibraka yang lain nanti kita berharap bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya di kota Balikpapan," imbuhnya.

Selain itu, ia berharap para peserta bisa memetik hasil yang telah disampaikan pelatih untuk meningkatkan kepribadian. Terutama bisa menerapkan sikap disiplin dan sosial yang baik, di lingkungan sekolah maupun di keluarga.

Dari jumlah 230 peserta yang mendaftar, setelah diadakan seleksi dari berbagai tahapan terpilih 43 peserta yang terdiri dari 21 laki-laki dan 22 perempuan serta 1 peserta perempuan terbaik yang akan dikirim ke provinsi.

Dari hasil seleksi tersebut, dalam 3 bulan kedepan akan di godok lebih lanjut oleh Dispora. Karena mereka merupakan generasi kedepan yang akan meneruskan kepemimpinan bangsa.

"Mudah-mudahan lebih bagus lagi setelah seleksi hari ini. Lebih semakin pede, performance semakin oke, body language juga semakin oke, face nya juga lebih percaya diri. Itulah harapannya," bebernya.

Selain itu, Doortje menambahkan peserta seleksi tahun ini menurun dari tahun sebelumnya di karenakan salah satu alasannya karena Covid-19.

"Penurunannya cukup besar, dari 700 jadi 200 sekian berarti 300 persen kurang lebih, minat untuk mendaftar ikut Paski. Mungkin kita tahu alasannya karena Covid, mungkin khawatir anaknya kena panas terik dan sebagainya," jelasnya.

Namun dirinya berharap membuka wawasan kepada orang tua untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak menyalurkan keinginannya selama kegiatannya positif, termasuk ikut Paskibraka.

"Karena itu untuk pengembangan dirinya, body language-nya, leadership-nya, sosialisasi dan sebagainya. Itu belajar bersosialisasi mereka, pengendalian diri yang optimal bisa dilakukan pada seleksi begini," tuturnya.

Selain itu dengan ikut Paskibraka merupakan prestasi tersendiri bagi anak-anak muda, memiliki rasa kebanggaan, karena tidak semua orang punya pengalaman di Paskibraka. Walaupun tahun ini peserta sedikit, ia berharap ditahun depan pandemi segera berakhir dan banyak yang tertarik untuk mendaftar sebagai peserta seleksi Paskibraka. (bp-3/ono)




Moderated by BalPos


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment




UPAH MINIMUM TAHUN 2021
Daerah Sektor Nominal (Rp.)
BALIKPAPAN UMUM 3,069,315
BERAU UMUM 3,386,593
BONTANG UMUM 3,182,706
KUBAR UMUM 3,386,593
KUKAR UMUM 3,179,673
KUTIM UMUM 3,140,000
PASER UMUM 3,025,172
PPU UMUM 3,363,809
SAMARINDA UMUM Update menyusul

Temukan juga kami di